wawasan....

Home » » tv led polytron nyala kembali stby

tv led polytron nyala kembali stby

assalamualaikum wr wb...
salam sejahtera dimanapun anda berada,malam ini saya ingin berbagi sedikit apa yang baru aja saya lembur/kerjakan.tv ini merk polytron dengan type PLD32T710 yang mana tv ini sebenarnya sudah dongkrok ditempatku lebih dari seminggu karena belum ketemu aja penyebab dan kerusakanya.

Kronologinya begini: tv dicolokin biasa normal tanda lampu led pun kedip-kedip normal dan distar dari remot maupun dari tombol panel juga normal langsung hidup suara dan gambar ada bagus.
yang menjadi kendala adalah setelah nyala dalam waktu 15menit tv kembali st by,dan kadang 30menitan atau bahkan lebih dan setelah stby di on kembali tv pun normal nyala lagi dan itu akan terjadi terus begitu aja.
tv lalu saya bongkar dan langsung mengamati fisik-fisik komponen barang kali nampak elko bunting atau resistor gosong,tetapi semua komponen saya rasa masih kinclong dan mulus dari bentuk fisik.karna gak nampak ada yang mencurigakan saya ambil multitrster dan tak lupa multi digitalnya serta esr nya untuk mulai pengukuran komponen dan tegangan.
serasa pusing gak ada komponen yang sudah rusak,elko-elko diukur pakai esr masih layak pakai semua resistor diukur pakai multi digital nilai-nilainya menunjukan kenormalan semua.
tolah toleh apa yang harus kulakukan tegangan semua nampak normal  5v untuk stby terukur 5.02v dan setelah nyala tegangan 12v pun juga normal.....
dari pada pusing saya beranggapan paling elko2 minta dibabat semua area powersuplay nya dan saya gantiin semuanya diarea psu,serasa yakin tv saya test melewati 20menit saya sudah seneng kayane berhasil ki, eh la semprul 25menit tv kembali stby..... tv saya pending dan mengerjakan yg lain dulu,malamnya saya lanjud cek area mesin mb nya mulai dari ic pembuat 3,3v dan 1,8v saya patroli elko2 juga saya gantiin dan test asem belum berhasil.pending lagi karna ngantuk dah larut.
sambil nanya2 temen difb jawaban rata2 elko,tr,flas memory,mesin,psu,ic malah jadi ruwet.
semua saya praktekan saran saran dari temen tetapi lagi2 belum berhasil dan tv saya pinggirin dulu hingga tadi sore terhitung hari kedelapan tv ini berada ditempatku,ah dari pada nganggur saya pegang lagi mulai tadi jam9 an...

sambil ditest posisi nyala saya ukur-ukur teganganya dan saya hafalin satu persatu yang diarea powersuplay maupun yang di mb mesinya,ukur sanasinisanasini tiba si tv langsung pret st by bergegas saya ukur tegangan yang inti2 karna setelah stby tv dion bisa nyala lagi...tapi tetap aja tegangan terlihat normal semua...sabar sabarrrrr sabarrrrr
test lagi tv normal masih seperti semula posisi nyala sambil ukut2 tegangan tapi yang selalu saya pantau teg 5v untuk st by nya saya pelototin multinya sambil ukur dan nunggu tv stby.
Benar saja sambil ditungguin probe multi gak saya lepas dan mulai terlihat perubahan tegangan pada 5v nya yg tadinya 5.02v dalam waktu 10menit tegangan posisi di 5.00v saya lihatin terus 10menit kemudian tegangan menjadi 4.87v dan diwaktu tv menyala posisi 35menit tegangan adadi posisi 4.02v lalu pretttttt tv stby. tapi saya sudah merasa lega walau lama nungguinya tapi sudah ada titik terangnya yaitu teg 5v berangsur turun yang menyebabkan tv kembali st by. setelah st by tv dion lagi ya nyala lagi la tegangan dah normal lagi.....
langsunga aja saya urut kali ini gak usah pakai tester gak usah ukur-ukur batinku diukur juga percuma pasti normal part nya.
dan lalu saya mulai dari part ini


Dua buah Dioda HER305 yang terpasang secara pararel untuk asumsi tegangan 5v st by. dioda ini saya ganti dan saya cari cabutan aja di kardus tumpukan mesin2 bekas korek2 gak nemu yang nomernya sama.saya cabutin dioda lain aja dengan kode SB361 dan saya pasangin langsung

terlihat yang saya lingkari kuning itu diodanya lalu saya test tvnya...
dan maknyus tv nyala sudah melewati 2jam gak mati-mati atau st by lagi.
Puji syukur kehadirat allah swt Alhamdulillah akhirnya tv bisa normal kembali.
karna penarasan diodapun saya ukur yg HER305 tadi nah kan diukurpun dioda tampak normal gak rusak.

Sekian dulu shobat ulasan tv yang baru saja saya kerjakan mudah2an bermanfaat,
dan tak lupa lagi dalam mereparasi KETELITIAN harus diutamakan dan penemuan sendiri akan terasa puas daripada dapat dikasih tau sama teman.tapi kalau dah mentok ya jangan diubek terus konsultasilah pada kawan2 yang lebih berpengalaman.
Sekian dulu Salam solderrrrrrrrr.......

wassalamualaikum wr wb.

41 komentar:

  1. Mantap bang, maksih ilmunya. Kebetulan tv dirumah penyakit nya sama percis.

    BalasHapus
  2. Kalo pas di colokin ucul ucul terus apanya ya?

    BalasHapus
  3. Led juga sama penyakitnya trms postingannya sip mantap sukses selalu

    BalasHapus
  4. Punya kasus sama,dioda 5 v sudah tak ganti,tetap gak mati stanby sendiri tv nya,cuma agak lama,yg awalnya cuma 15 menit,jadi 30 mnt,bahkan lebih,apa elconya minta di ganti ya?:-? :-?

    BalasHapus
  5. alhamdulillaah...
    sangat bermanfaat....

    BalasHapus
  6. Sya mempunyai tv polytron 24 inc.. Psunha jebol..psunya tlah sya gnti yg baru.. Nmun ada salah pngiriman.. Brhubung d tempat sya tdak ada tempat servisan jdi sya cba servis sndiri dgn prangkat alakadarnya...
    Tvnya gambat gk ada tpi ada suara..
    Sya snter di layar ada gmbar cman remang, sya ukur tgangan k backlig.. Ada tegangan sekitar 12 volt... Tpi gk mampu nyalain lednya.. Lednya jg sdah sya priksa smua mnyala...
    Mohon bantuannya pak...
    Hubungi no wa sya 085344943124
    Ada ongkos servisan yg sya siapkan ntuk bpak..
    Mnta tlong skali pak, krena gk mngkin sya bawa/krim tvnya k t4 servisan.. Ongkirnya sma aja bli baru pak...
    Trima kasih seblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti aja pak back laigh nya dgn yg baru

      Hapus
  7. Tv sy polytron sinema x. Apa nya ya klo panas suka mati sendiri. Ga brapa lama stanbay lagi. Bisa di hidup kan lgi. Tpi mati klo panas.. Mohon info nya donk

    BalasHapus
  8. Trimakasih info nya gan. Sukses terus

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat ..sekarang sya lagi garap tv tipe ini dengan keluhan sama

    BalasHapus
  10. Sama nih , problem nya tar saya coba👍,makasih ilmunya

    BalasHapus
  11. Dapat pasien sama...sempet pusing juga..😂😂😂...makin sukses ter...

    BalasHapus
  12. Sy sdh ganti 2 dioda yg td tp penyakitnya masih tetep suka mati sendiri sesudah beberapa lama.mhn masukannya

    BalasHapus
  13. mas saya punya tv politron pld32t710 hanya nyala politron bagian bawah tv kira apanya yang rusak mohon pencerhannya.

    BalasHapus
  14. mantap,kasus sama... cm beda seri.masih aku pending,semoga saja kasus sama😁

    BalasHapus
  15. Mantap ilmunya.. semoga berkah

    BalasHapus
  16. Sangat bermanfaat, Trmksh. Semoga usaha dan rizkinya di lancarkan AAMIIN YRA.

    BalasHapus
  17. Bang masih tetap gitu bang,apa ada yg lain selain ganti dioda her..mohon bantuan nya

    BalasHapus
  18. Mantul kesabaran dan ketelitianya

    BalasHapus
  19. Saya punya tv yg sama persis typenya tp masalahnya ketika star black light nya kadang nyala kadang ga tp suara normal.bahkan hrs beberapa kali star baru nyala.
    tolong solusinya bang

    BalasHapus
  20. Saya punya tv yg sama persis typenya tp masalahnya ketika star black light nya kadang nyala kadang ga tp suara normal.bahkan hrs beberapa kali star baru nyala.
    tolong solusinya bang

    BalasHapus
  21. saya jg punya tv led polytron.
    kadang saya matikan pake remote.
    tp tak lama,tv nyala .
    sy matikan lg pake remote.
    sekitar 15 menit,,nyala lagi.
    baru bisa mati total jika steker colokan listrik sy cabut.
    Apakah msh bs di perbaiki tv sy tsb mas?

    BalasHapus
  22. Penyakit sama persisdeode her305 jg udh cb ganti.c udh ganti semua hasil msh nihil. Cari tau solusi lainya pernah ngalamin minta oret2anya

    BalasHapus
  23. Mukin tombon on.off nya minta di ganti. Alias ngesort sendiri kadang kadang

    BalasHapus
  24. Maaf guru
    Tr smd 2bj yg dekat icup 1707s dekat voltase 5v brpa serinya ya ( kebakar)

    BalasHapus
  25. Tipi saya sdh d perbaiki 2x ke bengkel tp masih tetap aj pnyakitnya gk hilang,
    Apa iya bengkel d tmpat gk biasa...

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman

zauza elektro. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

BTemplates.com

Entri yang Diunggulkan

Tv sanyo slim protec

selamat siang semuanya jumpa lagi.... kali ini saya mau berbagi kerusakan atau problem tv sanyo slim 21" yang baru saja saya kerjakan d...

Pages - Menu

Pages - Menu